Dijagokan Tarung di Pilgub Sulsel, Danny Disarankan Tidak Terbuai dengan Statemen Politik RMS

Sabtu, 15 Mei 2021 12:34

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua DPW NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse berniat mendorong Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk maju bertarung di Pilgub Sulsel 2024. Danny dinilai memiliki keberpihakan tinggi terhadap rakyat, buktinya ia dua kali terpilih sebagai walikota. Kerja-kerja politik akan mulai digencarkan selepas lebaran Idul Fitri.

Sosiolog Universitas Hasanuddin, DR Sawedi Muhammad menilai dukungan Rusdi Masse (RMS) ke Danny Pomanto (DP) untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024 mendatang, memiliki implikasi yang multitafsir.

Pertama, RMS ingin menegaskan ke publik bahwa dialah figur sentral dibalik kemenangan pasangan DP-Fatma di Pilwalkot 2020. RMS ingin memposisikan diri sebagai “The King Maker” di momen pertarungan politik di Sulsel.

Kedua, dorongan politik secara terbuka RMS juga sekaligus sebagai “warning” ke DP bahwa superioritas kekuasaan politik itu ada di Partai Nasdem.

“Jadi meskipun terpilih sebagai Wali Kota, DP jangan memposisikan diri sebagai penguasa tunggal seperti saat menjabat Wali Kota periode pertama. Ini juga menjadi peringatan ke DP untuk menjaga relasi kuasa yang berimbang dengan wakilnya,” kata DR Sawedi Muhammad kepada fajar.co.id, Selasa (11/5/2021).

Ketiga, statemen RMS bisa ditafsirkan untuk menyandera DP agar membuka jalan kemenangan bagi Partai Nasdem di Kota Makassar melalui mesin birokrasi dan perangkat daerah di Pemkot Makassar.

Bagikan berita ini:
6
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar