Disetop Sementara, 12 Ribu Vaksin AstraZeneca Kini Tersimpan Rapi di Gudang Diskes

Senin, 17 Mei 2021 13:03

Kadiskes Sulsel, Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 12.100 dosis atau 1.210 vial vaksin AstraZeneca Batch CYMAV547 yang ada di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Sulsel terpaksa dihentikan pendistribusiannya.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, hal ini sesuai instruksi dari Kemenkes RI dengan alasan masih dalam tahap pengujian sterilitas dan toksisitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menurutnya, itu sudah menjadi hal yang wajar karena memang ada tahap-tahap yang mesti dilewati sebelum vaksin digunakan secara luas.

“Walaupun tidak didistribusikan, tetap saja itu pemeriksaan dilakukan terus. Itu adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk AstraZeneca, sehingga untuk sementara tidak didistribusikan,” kata Ichsan, di Kantor Gubernur, Senin, (17/5/2021).

Lebih lanjut kata Ichsan, langkah ini sudah cukup baik untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Kendati demikian, kata dia, belum ada instruksi penarikan vaksin.

“Untuk sementara perintahnya menyimpan dulu. Tidak menarik, menyimpan dulu. Kita menunggu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulsel, dr Nurul AR mengungkapkan, bahwa Vaksin AstraZeneca Batch CYMAV547 akan diprioritaskan bagi TNI.

“Masih terima (vaksin Sinovac, red). Selain sinovac juga AstraZeneca yang saat ini diperuntukkan untuk TNI,” ujar Nurul.

Vaksinasi bagi TNI itupun harusnya sudah dimulai besok, Selasa, (18/5/2021). Namun, karena ada instruksi dari pusat untuk menahan pendistribusiannya, maka penggunaan vaksin terlebih dahulu harus menunggu hasil pengujian. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
8
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar