Jaringan Anies Baswedan Mulai Bergerilya di Sulsel, Berpotensi Gerus Basis Prabowo

Senin, 17 Mei 2021 12:20

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jaringan Anies Baswedan sejak dini telah bergerilya menggalang dukungan di Sulawesi Selatan guna menatap Pilpres 2024. Kelompok yang menamai dirinya Mileanies 2024 itu berinisiatif memulai lebih awal menggaet basis dukungan masyarakat.

Manuver mereka telah dalam tahap pemantapan membentuk struktur kerja di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Dan tak menutup kemungkinan jaringan ini akan bekerja secara nasional.

Pengamat Politik Universitas Bosowa, Arief Wichaksono mengatakan, keterpilihan Anies Baswedan di Sulawesi Selatan cukup besar. Selain karena mengacu pada hasil survei nasional, Anies dinilai punya potensi menggerus basis Prabowo yang berhasil menang di Sulawesi Selatan pada Pilpres 2019 lalu.

Data KPU menetapkan rekapitulasi suara Pilpres 2019, pasangan Prabowo-Sandi unggul di Sulawesi Selatan dengan prolehan suara sebesar 2.809.393, sementara pasangan Jokowi-Ma’ruf meraup 2.117.591 suara.

“Nama Anies tidak kecil di Sulawesi Selatan, apalagi banyak irisan-irisan politik karena Anies cendrung melekat dengan Prabowo di Pilpres lalu. Posisi Prabowo masuk dalam kabinet Jokowi sedikit banyaknya pasti melahirkan kekecewaan pendukungnya. Ini bisa diambil Anies,” ucap Arief Wichaksono di Makassar, Senin (17/5/2021).

Hal lain yang bisa menjadi takaran melihat peluang Gubernur DKI Jakarta itu di Sulsel adalah dukungan para tokoh dan juga partai politik pengusung.

Selain Jusuf Kalla yang dinilai memang cukup punya kedekatan dengan Anies. Ada sosok Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang partainya (NasDem) belakangan disebut sebagai salah satu parpol yang akan mengusung Anies di Pilpres 2024.

Bagikan berita ini:
10
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar