Wisata High Land Magetan, Eksotisme Lanskap Berjuluk Nepal van Java

Senin, 17 Mei 2021 09:10

EKSOTIS: Suasana sore Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, yang dilihat dari atas Bukit Sekudi. Mirip dengan suasana kawasa...

FAJAR.CO.ID, JATIM — Magetan punya banyak lanskap nan indah. Salah satu yang belakangan ramai diperbincangkan adalah High Land Wonomulyo di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol.

SEMILIR angin menggoyang rerumputan di atas Bukit Sekudi. Dari atas bukit itulah, pemandangan Dusun Wonomulyo tersaji begitu indah. Diapit bukit hijau di kanan-kirinya, permukiman warga dusun setempat terlihat bak perkampungan di Nepal.

Karena itulah, tak salah jika warga menyebut Wonomulyo sebagai Nepal van Java. ”Saat ini kami bersama warga merintis Wonomulyo menjadi wisata alam,’’ kata Kepala Desa (Kades) Genilangit Pardi.

Warga Wonomulyo terdiri atas 286 kepala keluarga (KK). Mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Ide untuk menjadikan Wonomulyo sebagai destinasi wisata tercetus berkat banyaknya testimoni positif dari warga yang berkunjung atau singgah di dusun tersebut. ”Ada beberapa bukit yang menyajikan pemandangan bagus. Salah satunya di sebelah tenggara dusun,’’ sebutnya.

Karena itu, Pardi dan warga Wonomulyo mulai menggarap dusun setempat menjadi destinasi wisata. Spot swafoto dibangun di Bukit Sekudi dan Bukit Jobolarangan. Nama yang diusung adalah High Land Wonomulyo. ”Beberapa rumah siap dijadikan penginapan untuk menunjang akomodasi wisatawan,’’ terangnya.

Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, wisatawan dapat membeli langsung hasil pertanian warga Wonomulyo. Hal itu, kata Pardi, juga menjadi daya tarik wisata High Land Wonomulyo.

Bagikan berita ini:
8
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar