Dugaan Kasus Suap Infrastruktur Sulsel, Tersangka Agung Sucipto Ikuti Sidang Perdana Via Zoom

Selasa, 18 Mei 2021 18:00

Persidangan via zoom

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Terdakwa kasus korupsi pembangunan infrastruktur Sulsel, Agung Sucipto menjalani sidang perdanya Selasa (18/5/2021).

Agung Sucipto tidak hadir di Ruang sidang Prof Harifin Tumpa, Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Makassar. Melainkan mengikuti persidangan melalui daring aplikasi zoom di Lapas Klas 1 Makassar.

Sementara sidang berlangsung secara luring terbatas, hadir secara offline di persidangan yaitu Hakim, JPU, dan Kuasa hukum terdakwa.

Bertindak sebagai Hakim persidangan yaitu, Ibrahim Palino, M. Yusuf Karim, dan Arif Agus Nindito.

Agung sebagai terdakwa di dampingi oleh tiga Penasehat Hukum, yaitu M Nursal, Afdalis, dan Ardianto.

Dakwaan dibacakan oleh tiga Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), secara bergantian. Ketiganya yaitu, M Yasri, Januar Dwi Nugroho, dan Yoyo Fiter Haiti.

Dalam pembacaan dakwaan oleh JPU, Agung Sucipto diduga telah melakukan praktik suap menyuap, dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, dan Edy Rahmat terkait pembangunan proyek infrastruktur.

Alasannya, agar Agung Sucipto dipilih untuk menggarap proyek di Sulsel untuk tahun anggaran 2021.

Diketahui, suap pertama dilakukan di Rumah Jabatan Gubernur, dengan nilai 150 ribu Dollar. Kedua, sebesar Rp2 miliar 500 juta, di mana KPK langsung melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Atas perbuatannya maka ia diancam pidana dalam Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Bagikan berita ini:
1
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar