Pemilik Lahan Borong Mobil Mewah

Selasa, 18 Mei 2021 14:52

Terima Ganti Rugi, Borong Mobil Mewah

Perhitungan pembebasan lahan, urainya, tak hanya pada luasan tanah saja. Nilai keekonomian yang ada di atas lahan juga diperhitungkan.

Di lokasi tersebut, pihaknya telah membagi lahan berdasarkan tiga kelompok. Yakni, lahan kebun, sawah, dan pekarangan. Khusus untuk lahan kebun, nilai terendahnya Rp18 ribu per meter. Termahal yakni pekarangan dengan nilai tertinggi Rp120 ribu per meter.

Itu baru nilai lahan saja. Belum dihitung nilai tanaman di atasnya. “Bisa lebih mahal dari tanahnya. Makanya, ada lahan kebun yang pembebasannya besar. Apalagi kalau yang ditanam itu jati atau pohon lain yang nilai ekonominya tinggi,” jelasnya.

Dia mengakui, ada lahan kebun yang luasnya tak sampai satu hektare. Akan tetapi, nilai pembebasannya lahannya Rp1,8 miliar. Nilai ekonomi tanamannya lebih tinggi. Apalagi jika lahannya sudah luas. Belum lagi, ada satu warga yang punya ber hektare-hektare dan lebih satu bidang.

Ikhsan mengaku, warga saat ini berbondong-bondong meminta pemerintah segera membebaskan lahan. Apalagi, mereka tak lagi menganggapnya sebagai ganti rugi. Melainkan ganti untung.

Sebab, jika lahan di lokasi tersebut dijual ke orang lain, harganya tak mungkin sampai Rp1 miliar. Itupun jika ada yang mau membelinya. Apalagi, lokasinya di perkampungan dan di tepi sungai.

Menurutnya, tak ada warga yang menolak pembebasan lahan, karena proyek bendungan membutuhkan lahan besar. Tak setengah-setengah seperti proyek irigasi atau jalur rel kereta api.

Bagikan berita ini:
5
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar