Pemprov Harap-harap Cemas, Dana PEN Berpotensi Tidak Cair

Selasa, 18 Mei 2021 10:32

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinisi Sulawesi Selatan harap-harap cemas, anggaran Rp400 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) berpotensi tidak cair. Progres proyek yang didanai Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) masih rendah.

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, serapan anggaran PEN harus bisa menyentuh angka 90 persen di tanggal 31 Mei mendatang.Sejauh ini, ada Rp900 miliar anggaran yang sudah dicairkan dan masuk dalam pengelolaan sampai 31 Mei.

Sedangkan, total anggaran PEN ada Rp1,33 triliun yang dialokasikan. Dari anggaran itu, yang terserap baru berada di angka Rp 700 miliar lebih.

Serapan ini bakal terus digenjot, setidaknya hingga 90 persen, sebagai syarat pencairan anggaran lainnya.

”Kita masih punya Rp400 miliar yang harus dicairkan. Kalau serapan kita di anggaran saat ini (Rp900 miliar) tidak sampai 90 persen, maka bisa saja anggaran itu tidak bisa dicairkan,” katanya, Selasa, (18/5/2021).

Terpisah, Plt Kepala Inspektorat Sulsel, Sulkaf S Latief mengungkapkan, setelah penutupan atau closing kerjasama PEN tahap I, Pemprov Sulsel akan memberi pelaporan kepada PT SMI. Selesai tidak selesai, Pemprov Sulsel tetap harus memberi bayaran kepada kontraktor.

“Kalau jalan sampai disitu (tidak sesuai target, red) itu tong ji dibayar. Nanti ada pemeriksaannya, sampai dimana dan berapa yang boleh dibayar. Yang kasian seperti bendungan kalau tidak lanjut bagaimana, kalau jalan kan bisa dilanjut tahun depan pake APBD,” ujar Sulkaf. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
7
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar