Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Wajib Tes Rapid Antigen

Selasa, 18 Mei 2021 15:05

Pelabuhan Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga H+5 Hari Raya Idulfitri 1442 H tetap melakukan pengetatan dengan mewajibkan setiap penumpang yang naik ke kapal untuk menunjukkan hasil rapid antigen yang sudah divalidasi Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Meskipun Pemerintah melakukan pembatasan mudik khususnya bagi mereka yang menggunakan moda transportasi laut, tetapi PT Pelindo IV tetap melayani kapal yang mengangkut logistik dan penumpang dengan persyaratan tertentu.

Misalnya sakit dan mereka yang mengunjungi orangtua karena meninggal.

Deputy Hukum & Humas Cabang Makassar, Kartika Kadir mengatakan, pada Senin 17 Mei 2021, ada dua kapal milik PT Pelni yang sandar di dermaga Pelabuhan Makassar.

“Yaitu Kapal Bukit Siguntang dengan 14 orang penumpang dan KM Dobonsolo dari Surabaya sebanyak 4 orang,” kata Kartika saat dikonfirmasi, Selasa (18/5/2021).

Semua penumpang kapal baik yang turun maupun naik diwajibkan untuk melakukan rapid antigen dan menunjukkan hasil yang negatif.

Sebelumnya pemerintah meniadakan perjalanan mudik dan balik pada 6-17 Mei. Sebagai langkah antisipasi arus balik, Kemenhub mewajibkan surat tes rapid antigen.

Mulai Selasa 18 Mei hari ini, arus balik pasca Lebaran mulai dibuka. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, penumpang wajib membawa hasil negatif tes rapid antigen tersebut sebelum keberangkatan. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
8
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar