Tidak Bayar THR, Sejumlah Perusahaan Berpotensi Kena Sanksi

Selasa, 18 Mei 2021 15:01

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah perusahaan yang telah dilaporkan tidak membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya berpotensi kena sanksi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, terdapat 11 perusahaan yang tercatat telah dilaporkan oleh karyawannya.Namun, sudah ada 2 perusahaan yang telah membayar setelah dilakukan mediasi.

Sedangkan sembilan perusahaan masih dalam proses mediasi. Beberapa diantaranya, kata Darmawan telah membayar setengahnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa perusahaan yang telah membuat kesepatan dengan karyawannya sehingga masih dapat dipertimbangkan untuk tidak dijatuhkan sanksi.

“Tidak semua yang kurang itu terjadi pelanggaran. Tergantungg dari kesepakatan, kalau ternyata pekerja mau dibayar dengan kondisi alasan yang masuk akal yang dilakukan oleh perusahaan tidak apa,” kata Darmawan, Selasa, (18/5/2021).

Pada intinya kata Darmawan, alasan belum membayar THR kepada karyawan dapat diterima. Namun, memang sebagian perusahaan yang belum membayar THR mengaku terdampak pandemi Covid-19.

“Rata-rata sudah ada kesepakatan pembayaran. Proses mediasi tidak dibatasi waktu, besok sampai salah satu pihak merasa tidak ada jalan keluar,” imbuh Wawan sapaan akrabnya. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
4
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar