Perbankan Belum Jalankan Program KPR DP 0 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan regulasi kredit pemilikan rumah dengan DP 0 Persen Februari lalu. Hingga saat ini perbankan ternyata tampak ragu menjalankan program tersebut. Programnya belum sepenuhnya berjalan.

Menurut Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Budi Hanoto, implementasi KPR DP 0 persen masih dalam tahap persiapan oleh perbankan terutama untuk memitigasi risiko kredit yang mungkin timbul dari aspek repayment capacity agar lebih calculated.

Terlebih saat ini, sektor properti masih belum sepenuhnya pulih sebagai dampak pandemi Covid-19 dimana konsumen atau investor cenderung memilih untuk menahan diri atau wait and see dalam berbelanja dan memilih untuk menyimpan dananya ke perbankan.

Wakil Pemimpin BNI Wilayah VII Bidang Consumer Banking Bagus Ardani Sutoyo, mengaku sejauh ini belum ada petunjuk dari kantor pusat terkait program DP 0 persen.

Pihaknya pun menegaskan kajian terkait program DP 0 persen menjadi kebijakan kantor pusat dan di wilayah atau daerah sebagai pelaksana.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Regional V Bank BTN, Teguh Wahyudi sempat juga menyinggung soal belum adanya program DP 0 persen dari Bank BTN.

"Paling memungkinkan 1 persen. Kalau DP 0 persen belum bisa," tutur Teguh belum lama ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Perbankan DPD REI Sulsel, Mustajab Mudji melihat terkait DP 0 persen sejauh ini memang belum berjalan efektif.

Dia menegaskan belum berjalannya program DP 0 Persen menjadi penanda bahwa sektor komersial untuk properti belum berjalan mulus. Perekonomian pun belum pulih sepenuhnya meski pembatasan sosial sudah dilonggarkan. Termasuk juga sektor perbankan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan