Presiden Jokowi Sebut Provinsi Padang, Iwan Sumule: Mungkin Perlu Tes Wawasan Indonesia Juga

Rabu, 19 Mei 2021 14:20

Presiden Jokowi saat meninjau jalan Tol Trans Sumatera pada ruas Pekanbaru - Padang, Seksi Pekanbaru - Bangkinang. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah menyebutkan nama daerah saat melakukan meninjau Tol Trans Sumatera di Kota Pekanbaru, Rabu (19/5/2021).

Jokowi menyebut Provinsi Padang, meskipun yang dia maksud adalah Provinsi Sumatera Barat dengan ibu kota di Padang.

Keselip lidah yang dialami orang nomor satu di Indonesia itu mendapat tanggapan dari Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule.

“Provinsi Padang? Mungkin perlu ada Tes Wawasan Indonesia juga,” katanya dikutip Fajar.co.id di akun Twitter Bos Sumule @KetumProDEMnew.

Dia lantas menyebut Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di KPK yang beberapa hari menjadi polemik juga.

“75 pegawai @KPK_RI dinonaktifkan, karena dianggap tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kalau presiden yang tak lulus, bagusnya diapakan?,” sebutnya.

Tak hanya Iwan, politikus Partai Demokrat, Yan Harahap juga menyindir salah ucap Presiden Jokowi itu.

“Waduh… terlalu nih Pak @jokowi. Masak bilang Provinsi Padang sih?,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat meninjau jalan Tol Trans Sumatera pada ruas Pekanbaru – Padang, Seksi Pekanbaru – Bangkinang, Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan tanpa teks.

Menurutnya, keberadaan jalan Tol Trans Sumatera tersebut bisa menggerakkan perekonomian khususnya bagi warga sekitar. Sebab, produk-produk masyarakat bisa berpeluang bersaing dengan produk luar negeri.

“Dan produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” kata Jokowi saat peninjauan yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5).

Bagikan berita ini:
2
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar