Said Didu Minta Presiden Selidiki Sosok Dibalik Pembuat TWK KPK

Rabu, 19 Mei 2021 09:50

Said Didu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Sekretaris Menteri BUMN, Muhammad Said Didu menilai, pelaksanaan tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak wajar dan tidak transparan.

“Info dari salah satu peserta tes bahwa pihak yang melakukan test tidak berkenan memperkenalkan diri, baik nama yang melakukan test atau wawancara maupun nama instansi mereka. Setiap Assessment harus terbuka,” ucap Said Didu di akun Twitter-nya, Rabu (19/5).

Apalagi, kata Didu, sangat aneh jika soal dalam wawancara TWK itu berisi tentang suku ras dan agama atau SARA yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan KPK.

“Sangat aneh jika dalam materi test wawasan kebangsaan pegawai KPK terdapat pertanyaan terkait SARA – pertanyaan seperti ini sangat dilarang dalam test apapun. Jika test tersebut ada pertanyaan bernuansa SARA maka test tersebut harus dinyatakan batal,” ungkap Didu.

Didu kemudian meminta Presiden Jokowi agar melakukan penyidikan terhadap materi TWK.

“Karena test wawasan kebangsaan pegawai KPK bisa menjadi sumber perpecahan bangsa karena menyangkut SARA, maka sebaiknya bapak Presiden melakukan penyidikan terhadap penanggung jawab materi test yang jelas-jelas bernuansa SARA,” ungkapnya.

Presiden Jokowi sebelumnya tidak setuju jika 75 anggota KPK yang dinyatakan tidak lolos TWK dinonaktifkan.

Menurut Jokowi, jika mereka dianggap ada kekurangan, maka masih ada peluang untuk memperbaikinya melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan.

Bagikan berita ini:
10
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar