Agar Bisa Jadi Mediator Konflik, Ferdinand Usul Indonesia Bersahabat dengan Israel

Kamis, 20 Mei 2021 11:05

Mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. (@FerdinandHaean3/Twitter)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pegiat media sosial, Ferdinand Hutahaean mengusulkan agar pemerintah Indonesia membuka jalur diplomasi dengan Israel.

Hal ini bertujuan agar Indonesia bisa menjadi mediator untuk penyelesaian konflik Palestina dan Israel.

“Saya usulkan kepada pemerintah Indonesia agar menjadi sahabat bagi Palestina dan Israel supaya bisa jadi mediator konflik di sana,” kata Ferdinand dikutip Fajar.co.id di akun Twitternya, kamis (20/5/2021).

Menurut mantan kader Partai Demokrat itu, tak mungkin Indonesia bisa menjadi juru damai jika ikut memusuhi Israel.

“Tidak mungkin Indonesia anjurkan perdamaian kepada Israel sementara kita memusuhinya. Kita hanya bisa usul damai jika kita juga berdamai dengan semua. Ini soal logika objektif.!,” jelasnya.

Menurut Direktur Eksekutif EWI ini, salah satu cara menyelesaikan konflik perebutan wilayah antara Palestina dan Israel dengan cara menjadikan wilayah sengketa sebagai wilayah bersama.

“Konflik rebutan wilayah Palestina Israel ini tak akan selesai. Palestina pasti bertahan, Israel juga pasti ngotot. Maka saran saya, ayo tinggalkan teori-teori sejarah dan kita jadikan wilayah sengketa sebagai wilayah bersama dibawah kontrol badan khusus PBB. Damai bagi semua, stop perang,” pungkasnya. (msn/fajar)

Bagikan berita ini:
2
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar