Dewan Protes Tak Ada Formasi Guru dalam CPNS Pemprov Sulsel 2021

Kamis, 20 Mei 2021 11:51

Selle KS Dalle

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam formasi CPNS Pemprov Sulsel 2021, tidak ada formasi guru. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, untuk tahun ini Pemprov mendapatkan kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 349 formasi.

Terbagi untuk tenaga kesehatan 103 formasi dan sisanya tenaga teknis 246 formasi.

Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Selle KS Dalle sangat menyayangkan tidak adanya formasi guru dalam CPNS 2021. Menurutnya ini adalah kebijakan tidak adil. Utamanya bagi sarjana pendidikan yang baru menyelesaikan kuliahnya.

“Itu kebijakan yang tidak fair. Para calon guru yang baru selesai (kuliah) kehilangan kesempatan jadi PNS. Di sini tidak adilnya ini kebijakan,” kata politisi Partai Demokrat itu, Rabu (19/5/2021).

Dikatakan, sarjana-sarjana pendidikan yang baru lulus atau fresh graduate tidak bisa mendaftar PPPK karena belum terdaftar di Dapodik. Selle berharap kebijakan ini ditinjau ulang dan dievaluasi.

“Beri ruang seluas-luasnya kepada calon guru karena ini menyangkut pemenuhan hak-hak dasar masyarakat,” tegasnya.

Peran guru begitu central dalam membentuk karakter bangsa, mencerdaskan generasi penerus. Di tangan guru semua itu dibebankan. Jika formasi guru tidak diakomodir dalam CPNS tahun ini, tentu itu kebijakan keliru.

“Guru aadalah bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana amanat UUD tujuan republik ini berdiri. Tidak boleh ini. Calon-calon guru kehilangan kesempatan. Jadi saya sangat tidak setuju kebijakan itu,” tukasnya.

Bagikan berita ini:
7
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar