KH Said Aqil Siradj: Sekat Agama yang Perlu Diminimalisir

Kamis, 20 Mei 2021 21:57

Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghilangkan sekat agama. Hal ini disampaikan saat pertemuan Menag dengan Said Aqil dalam rangka halal bihalal sekaligus meminta nasehat dan doa

Said Aqil mengatakan, masyarakat Indonesia dengan kebangsaannya bisa hidup bersama-sama meski lintas agama dan budaya. Menurutnya, masalah perbedaan suku sudah selesai, di organisasi, partai, di pemerintahan hingga di kluster perumahan.

“Yang masih ada adalah sekat agama. Tepat sekali, Menteri Agama dalam konteks ini bagaimana Gus Yaqut mampu meminimalisir sekat perbedaan agama. Kalau perbedaan suku sudah selesai, sekat agama ini yang perlu diminimalisir,” pesan Said Aqil, Kamis (20/5).

Ia melanjutkan, sekat agama masih ada. Tugas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Gus Yaqut untuk bisa menghilangkan ini.

“Alhamdulillah, saya yakin Gus Yaqut mampu mewujudukannya. Ini ditunjukan dengan berjalan damainya perayaan keagamaan yang berlangsung bersamaan seperti Idulfitri dengan Kenaikan Yesus Kristus dan perayaan Waisak,” sambungnya.

Kepada Yaqut, Said Aqil mengatakan perayaan Idulfitri 1442 H tahun ini berlangsung dengan aman, nyaman dan damai, jauh berbeda dengan negara di Timur Tengah. Hal ini berkat fitrah masyarakat Indonesia yang sudah sepakat dengan kebangsaan.

Sebab, Indonesia bukanlah negara agama maupun negara suku. (fin)

Bagikan berita ini:
3
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar