Makam Putri Sultan Hasanuddin di Mempawah Kalbar Dikabarkan Terancam Digusur

Kamis, 20 Mei 2021 15:25

Facebook/ Mulia Mulia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Viral di media sosial makam I Fatimah Daeng Takontu yang berada di Pulau Temajo, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, dikabarkan terancam digusur.

Hal itu mengemuka di salah satu grup facebook, Suku Makassar Internasional II. Akun @Mulia Mulia pun mengungkapkan kondisi terkini makam putri Raja Gowa ke-XVI, Sultan Hasanuddin, tersebut.

“Assalamualaikum untuk saudaraku semua pecinta leluhur inilah foto kondisi makam nenek kita leluhur kita hari ini .Makam YM I Fatimah Daeng Takontu. DI PULAU TEMAJO MEMPAWAH yang hampir terancam kelestariannya cagar budaya sejarahnya,” beber pemilik akun @Mulia Mulia.

Menurutnya, tanah di pemakaman itu telah dimiliki oleh warga yang memiliki sertifikat hak milik Tanah. “Bertepatan di wilayah makam leluhur kita . Untuk saudaraku yang pecinta luhur mari kita bersama-sama menjaganya. Takbir ALLAHU AKBAR, “tulisnya.

Hal senada juga diungkapkan akun Instagram @sissika.nusantara. “Tabe kepada semua pihak yang merasa terkait dengan masalah ini. Terutama Pemerintah Kabupaten Gowa, juga kepada yang tertunjuk selaku orang diTuakan ditanah ini dan memikul amanah sebagai Raja GOA kiranya dapat menyisihkan waktunya sedikit untuk berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan lebih khusus kepada Bapak Bupati Menpawah, untuk kiranya dapat memberikan perhatian khusus terhadap Makam leluhur kita yang berada didaerah tersebut,” tulisnya.

“Beliau yg dimakamkan disana adalah Putri Sombayya Yang Mulia Sultan Hasanuddin yakni “I FATIMAH DAENGTA KONGTU KARAENGTA CAMPAGAYYA, GARUDA BETINA DARI TIMUR” yang kemudian hijrah kedaerah tersebut setelah cukup lama berjuang melawan VOC dan atas kehendak Allah SWT beliau meninggal dunia didaerah Mempawah dan selanjutnya dikebumikan ditempat tersebut,” bebernya.

Bagikan berita ini:
6
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar