Mileanies 2024 Siap Deklarasi, Berpotensi Rebut Simpatisan Prabowo-Sandi di Sulsel

Kamis, 20 Mei 2021 19:05

Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Loyalis Anies Baswedan yang menamai dirinya Mileanies 2024 mulai garap basis di Sulawesi Selatan. Tak tanggung-tanggung, manuver mereka telah dalam tahap pemantapan membentuk struktur kerja di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Dan tak menutup kemungkinan jaringan ini akan bekerja secara nasional. Gubernur DKI Jakarta itu menjadi salah satu figur yang punya kans di Pilpres 2024. Survei elektoralnya selalu bertengger di 5 besar top survei. Bahkan tak jarang Anies mengungguli figur besar lainnya.

Sosiolog Universitas Hasanuddin Makassar, DR Sawedi Muhammad mengamati, gerakan Mileanies di Makassar memiliki berbagai keunggulan strategis.

“Pertama, Sulsel adalah basis suara Prabowo-Sandi sebagai penantang Jokowi saat Pilpres yang lalu,” kata Sawedi kepada fajar.co.id, Kamis (20/5/2021).

Dikatakan, basis suara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto itu dapat direbut Anies mengingat Prabowo-Sandi telah masuk gerbong Jokowi-Maruf, sesuatu yang dapat dianggap sebagai pengkhianatan bagi para pemilih Prabowo-Sandi di Pilpres yang lalu.

“Simpatisan Prabowo-Sandi di Sulsel dikenal sangat militan dengan mobilitas yang tinggi. Hijrahnya Prabowo ke kubu Jokowi sebagai pembantu presiden dapat memberi kesan meremehkan aspirasi politik masyarakat Sulsel yang memilihnya,” ujarnya.

Kedua, lanjut Sawedi, Sulsel tidak hanya sebagai gerbang Indonesia Timur, tetapi juga sebagai poros politik yang menjadi rujukan atau referensi yang memiliki dampak elektoral yang kuat di wilayah Timur Indonesia.

Bagikan berita ini:
2
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar