PMI Salurkan Donasi Rp1 Miliar kepada Rakyat Palestina

Kamis, 20 Mei 2021 18:46

MENAHAN SAKIT: Petugas paramedis Palestina mengevakuasi seorang gadis dari reruntuhan bangunan di permukiman Rimal, Gaza...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi publik sebesar Rp 1 miliar untuk rakyat Palestina kemarin (19/5). Donasi akan difokuskan pada peningkatan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pangan warga terdampak.

Donasi kemanusiaan tersebut merupakan hasil urun dana yang dihimpun oleh figur publik Fadil Jaidi melalui kitabisa.com. Terpantau dari laman kitabisa.com, donasi yang terkumpul untuk Palestina tersebut mencapai Rp 7,5 miliar.

Ketua PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dana tersebut akan langsung disalurkan melalui Red Crescent Palestina. ’’Kami berjanji akan menyalurkan dana tersebut hari ini juga (kemarin, Red),’’ katanya.

Adapun bantuan dari urun dana publik kitabisa.com, kata dia, akan disesuaikan dengan kebutuhan warga terdampak konflik di Palestina. Berdasar laporan Bulan Sabit Merah Palestina, kebutuhan mendesak saat ini adalah perbaikan atau peningkatan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pangan warga terdampak konflik.

Dalam kesempatan tersebut, JK juga menyampaikan terima kasih kepada para dermawan serta kitabisa.com atas upayanya menghimpun dana kemanusiaan tersebut. Termasuk, kepercayaan terhadap PMI sebagai organisasi kemanusiaan.

’’Kita bangga kepada anak-anak muda Indonesia yang memiliki pengaruh baik. Yang berhasil mengajak para donatur untuk menunjukkan solidaritasnya kepada sesama, di mana pun berada,’’ ungkapnya.

Dia menegaskan, PMI akan selalu menyatakan solidaritas internasionalnya kepada korban konflik sebagai bagian dari gerakan Palang Merah Internasional. Bantuan dana dan logistik disalurkan ke negara berkonflik melalui Palang Merah Internasional. ’’Tentu ini dilakukan bila diperlukan dan atas kerja sama dengan pemerintah dan palang merah setempat,’’ terangnya. Seperti diketahui, PMI tidak hanya berperan dalam penanggulangan bencana, tapi juga berperan aktif dalam penanggulangan korban konflik.

Bagikan berita ini:
6
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar