Sapi Sekandang Mati, Isi Perut Dibedah, Ada Kerikil, Besi dan Tali

Kamis, 20 Mei 2021 14:08

Banyak hewan ternak milik warga Tulungagung mati tidak wajar, bahkan muncul dugaan lantaran disantet. Foto: ANTARA/Eka A...

FAJAR.CO.ID, TULUNGAGUNG – Kejadian mencengangkan terjadi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur.

Banyak ternak mati tidak wajar. Bahkan, muncul dugaan sapi dan kambing itu disantet orang.

Sangkaan tersebut muncul setelah viral sebuah video pembedahan perut kambing. Terlihat seorang warga memukul usus perut ternaknya dan terdengar suara mirip logam.Kepala Desa Sidomulyo, Mulyono mengungkapkan di desanya ditemukan sapi mati satu kandang secara beruntun.

Warga awalnya menduga kematian sapi itu akibat wabah seperti pada 2017. Namun, mereka kini curiga kematian piaraan tersebut bukan disebabkan karena virus.

“Saat dibedah perut ternaknya, ditemukan kerikil, besi dan tali rafia,” kata Mulyono.Selain sapi, kambing milik warga juga tak luput dari dugaan terkena santet. Pasalnya, dalam perut hewan ternak itu ada besi dalam jumlah banyak.

Masyarakat setempat lantas melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung.

“Kami baru mendapat pengaduan dari warga,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung Mulyanto, Rabu (19/5).

Mulyanto masih belum bisa memastikan penyebab kematian-kematian ternak itu. “Kami akan segera kirim tim ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan,” ucapnya. (antara/mcr13/jpnn)

Bagikan berita ini:
7
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar