Sebut Pelanggaran Berat, Aduan Pegawai KPK ke Dewan Pengawas Bisa Buat Firli Bahuri Cs Diberhentikan

Kamis, 20 Mei 2021 13:54

Ketua KPK Firli Bahuri bersama Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghuf...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sejumlah pegawai KPK melaporkan lima pimpinan ke Dewan Pengawas. Pimpinan KPK dituduh melanggar 3 poin atas pelaksanaan Tes Wawasan Kebangsaan.

Perwakilan pegawai KPK, Hotman Tambunan menjelaskan tiga aduan mereka atas Ketua KPK Firli Bahuri dan wakil ketua lainnya.

Dasar pertama laporan adalah adanya Surat Keputusan (SK) Nomor 652 Tahun 2021 yang dikeluarkan pimpinan KPK terkait hasil TWK dan pengalihan pegawai KPK menjadi ASN.

“Gegara SK ini, pegawai Kpk mengadukan Pimpinannya ke Dewan Pengawas, pada tgl 18 Mei 2021,” tulis Hotman di akun Twitter @hotmantmb, Kamis (20/5/2021).

Alasan pertama dirinya bersama Novel Baswedan dan pegawai KPK lainnya melaporkan Filri Cs adalah karena ketidakterbukaan informasi.

“Ada 3 (tiga) hal yg menjadi topik aduan pegawai Kpk ke Dewan Pengawas (Dewas) yaitu 1. Pimpinan tidak jujur karena pada saat sosialisasi tidak memberikan informasi secara lengkap terkait dgn TWK dan konsekuensinya,” ungkap Hotman.

Alasan kedua, menurutnya adalah terkait soal TWK yang diduga mengandung unsur SARA dan diskriminasi.

“Aduan ke 2 terkait dgn Pimpinan Kpk juga harus bertanggung jawab terhadap wawancara yg diduga mengandung diskriminasi, bias gender, menerobos area pribadi sampai dengan pelecehan seksual. Untuk ini Komnas Perempuan sedang melakukan penyelidikan,” jelasnya.

Sementara aduan ketiga, menurut Hotman adalah pelanggaran berat.

Bagikan berita ini:
3
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar