Surati Jokowi, Ismail Haniyeh Minta Presiden Menentang Serangan Israel ke Palestina

Kamis, 20 Mei 2021 17:10

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemimpin kelompok Hamas, Ismail Haniyeh menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggalang dukungan dari negara-negara mayoritas Muslim untuk menentang serangan Israel ke Jalur Gaza dan Tepi Barat, Palestina.

“Kami mengajak Anda untuk segera bertindak dan menggalang dukungan dari negara Arab, Muslim dan dunia dan menyatakan sikap secara jelas dan tegas meminta penjajah Israel segera menghentikan serangan dan teror terhadap Jalur Gaza yang dikepung,” demikian isi surat Haniyeh kepada Jokowi, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (20/5/2021).

Haniyeh juga meminta Jokowi menekan Israel supaya berhenti melakukan pelanggaran dan kekerasan di Yerusalem serta seluruh penduduknya.

Bentuk pelanggaran Israel itu antara lain mendirikan pemukiman ilegal, memaksa menggusur penduduk Palestina yang bermukim di kawasan Sheikh Jarrah, dan tindakan diskriminasi rasial.

Haniyeh juga meminta Jokowi mendesak Israel segera angkat kaki dari kompleks Masjid Al-Aqsa yang disucikan dan tidak melanggar hak kaum Muslim yang hendak beribadah di sana.

“Kami mendoakan Jokowi dan berharap ada perkembangan sikap yang diambil Indonesia terkait hal itu,” ujar Haniyeh.

Peperangan antara Israel dan Hamas meletus pada 10 Mei, beberapa hari sebelum Idulfitri. Alasan Hamas menggelar serangan roket adalah membalas sikap aparat keamanan Israel yang menghalangi dan menyerang warga Palestina yang tengah beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Bagikan berita ini:
9
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar