Kete’kesu dan Londa, Usung Nilai Filosofis Budaya Otentik Toraja

Jumat, 21 Mei 2021 17:12

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, TORAJA — Kete’kesu dan Londa, dua dari sekian banyak objek wisata unggulan dan primadona di Rantepao, Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kete’kesu merupakan kampung adat yang di dalamnya terdapat rumah tongkonan, lumbung dan kuburan di atas pegunungan batu. Selain itu, pemandangannya yang indah dipadu dengan suasana pedesaan sangat kental.

Salah satu yang menjadi daya tarik adalah deretam rumah tongkonan yang merupakan ciri khas adat Toraja yang menyimpan makna begitu dalam.

Demikian besarnya makna tongkonan bagi masyarakat Toraja hingga memiliki nilai filosofis yang sangat besar. Mulai dari aspek sosial, budaya, hingga agama.

Jadi saat kalian pertama kali masuk ke desa-desa Kete’kesu, mata kalian akan dijamu dengan deretan rumah tongkonan yang berhadapan dengan lumbung padinya. Ukiran demi ukiran begitu eksentrik.

Pada tiang bagian depan tongkonan terdapat tanduk kerbau. Banyaknya tanduk kerbau ini menandakan tinggi rendahnya status sosial masyarakat adat Toraja.

Sedang objek wisata Londa yang merupakan kuburan batu untuk pemakaman etnis Toraja yang telah meninggal, juga menjadi lokasi kunjungan yang menarik, karena di sekitar kuburan batu itu, terdapat tau-tau atau patung kayu yang menyerupai wajah seseorang yang sudah dikebumikan.

Keunikan objek wisata primadona keaslian dan keasriannya tetap terjaga.

Keunikan lainnya yang membedakan dengan objek wisata lainnya, karena kuburan batu atau kawasan rumah adat di Kete’kese maupun Londa masih tetap digunakan oleh etnis Toraja.

Bagikan berita ini:
10
8
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar