Pengampunan Pajak Jilid II Mau Bergulir, Anis Byarwati: Tax Amnesty Jilid I Bagaimana Kabarnya?

Jumat, 21 Mei 2021 20:05

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah berencana menggulirkan pengampunan pajak atau Tax Amnesty (TA) jilid II. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mengatakan bahwa pemerintah segera membahas aturan tax amnesty terbaru.

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati justru mempertanyakan tentang kebijakan tax amnesty yang pernah dikeluarkan pemerintah pada 2016 lalu. “Tax amnesty jilid I bagaimana kabarnya ?” tanya Anis lewat keterangan resmi yang diterima, Jumat (21/5).

Anis menjelaskan bahwa ketika kebijakan Tax Amnesty (TA) ini dirancang, Pemerintah memiliki tiga sasaran utama. Pertama, kebijakan ini dapat menambah pendapatan perpajakan di Indonesia sehingga dapat sedikit menutup defisit anggaran. Kedua, kebijakan ini dapat menarik dana dari luar negeri. Ketiga, kebijakan ini diharapkan dapat memperluas basis perpajakan di Indonesia yang pada akhirnya dapat meningkatkan tax ratio Indonesia.

Terkait dengan sasaran pertama, ia mengatakan, pemerintah menargetkan tambahan pendapatan pajak sebesar Rp165 triliun dari kebijakan ini. Bahkan, pada awalnya angka Rp165 triliun merupakan tambahan pendapatan perpajakan untuk tahun 2016.

Akan tetapi, target tersebut dijadikan target selama program pengampunan pajak berjalan. Angka terakhir menunjukkan bahwa jumlah uang tebusan yang masuk hanya sebesar Rp135 Triliun atau sebesar 81 perse dari target yang sudah dicanangkan.

“Melesetnya target tersebut tentu berimplikasi ke APBN yang sedang berjalan. Apabila angka tersebut sudah dimasukkan sebagai target pendapatan, maka ketika tidak tercapai, kekurangan sebesar Rp30 triliun harus ditambal, baik melalui penambahan defisit (utang) maupun mengurangi pos belanja,” kata Anis.

Bagikan berita ini:
10
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar