Robot Milik Tiongkok Kirim Foto Perdana Planet Mars, Ini Penampakannya

Jumat, 21 Mei 2021 16:36

KEBANGGAAN TIONGKOK: Foto yang diambil kamera rover penjelajah Zhurong pada 19 Mei menunjukkan permukaan Mars setelah me...

FAJAR.CO.ID, BEIJING — Zhurong mengirimkan swafoto pertamanya Rabu (19/5). Gambarnya berisi panel surya yang menjadi tenaganya dan tiang berlatar lahan kosong tanpa tanaman sama sekali. Robot alias rover milik Tiongkok itu sudah beroperasi di Mars. Foto tersebut adalah gambar permukaan Mars.

Itu merupakan gambar perdana Zhurong di Planet Merah setelah pendaratan bersejarahnya pada Minggu (16/5). Zhurong merupakan rover pertama di dunia yang berhasil sampai di Mars dalam misi pertamanya. Negara lain harus beberapa kali mencoba sebelum berhasil. Kedatangan Zhurong berselang beberapa bulan setelah rover milik Amerika Serikat, Perseverance.

Badan Luar Angkasa Nasional Tiongkok mengunggah foto Mars itu di akun media sosial mereka. ”Warganet, gambar Mars yang kalian rindukan ada di sini.” Demikian bunyi unggahan tersebut, seperti dikutip Agence France-Presse. Zhurong diperkirakan menghabiskan tiga bulan di sana untuk mengambil foto dan memanen data geografis.

Beberapa tahun terakhir, Tiongkok memang menggelontorkan anggaran besar untuk program luar angkasanya. Mereka ingin mengejar ketertinggalan dari AS dan Rusia. Astronot dan kosmonot dua negara itu telah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam eksplorasi ruang angkasa.

Bulan lalu, Tiongkok berhasil meluncurkan modul pertama stasiun luar angkasa barunya. Targetnya, stasiun yang diberi nama Tiangong itu bisa ditempati pada 2022. Negeri Panda juga ingin mengirim astronotnya ke bulan.

Bagikan berita ini:
8
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar