Tanda Tanya Olimpiade Tokyo, Bisa Dibatalkan Bulan Depan

Jumat, 21 Mei 2021 11:33

Olimpiade Tokyo 2020/Getty Images

FAJAR.CO.ID, TOKYO—Olimpiade Tokyo 2020 akan dibuka delapan minggu ke depan. Meski begitu, masih banyak yang meragukan tingkat keamanan even akbar ini. Bahkan, sejumlah pihak masih berdemo memprotes penyelenggaraannya. Kini, tanda tanya besar menghantui pesta olahraga terbesar dunia ini.

IOC sejauh ini fokus meyakinkan publik yang skeptis dan komunitas medis bahwa pesta olahraga terbesar sejagad ini harus dilanjutkan. Masalah utamanya adalah bahwa 60 hingga 80% orang di Jepan tidak ingin Olimpiade dibuka di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus mengancam keselamatan penduduk.

Penyelenggara sendiri mengklaim bahwa Olimpiade akan aman dan nyaman. Makanya, hingga saat ini, tidak ada indikasi akan dibatalkan. Komite Olimpiade Internasional telah berulang kali mengatakan bahwa mereka akan terus maju.

Tetapi anggota paling senior IOC Richard Pound, dalam sebuah wawancara dengan JiJi Press, mengatakan bahwa batas waktu terakhir untuk membatalkannya masih sebulan lagi. “Sebelum akhir Juni, Anda benar-benar perlu tahu, ya atau tidak,” kata Pound mengutip JiJi.

Pound mengulangi – seperti yang dikatakan IOC – bahwa jika Olimpiade ini tidak digelar sekarang, maka tidak akan ada lagi penundaan. Even akbar ini akan langsung dibatalkan pelaksanaannya. Itu jelas akan menjadi kerugian besar bagi Jepang dan juga negara-negara yang sudah mengeluarkan dana besar untuk mempersiapkan atlet mereka.

Bagikan berita ini:
5
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar