Bulog Bidik Serap Beras Pulu Mandoti, Produksi Unggulan Petani Enrekang

Sabtu, 22 Mei 2021 14:15

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sulsel kaya akan beras lokal. Salah satunya jenis Pulu Mandoti asal Enrekang. Bulog menggenjot untuk mengoptimalkan penyerapannya. Tak hanya untuk dijual di Sulsel, tapi juga untuk wilayah lainnya di Indonesia.

Kepala Perum Bulog Sulselbar, Eko Pranoto mengatakan Bulog memiliki komitmen kuat untuk terus menyerap beras, termasuk beras lokal yang menjadi ciri khas daerah.

Beras lokal yang dimaksud antara lain Pulu Mandoti, jenis beras khas yang merupakan beras ketan dari Kabupaten Enrekang.

“Kami telah mendapat izin edar dari Bulog pusat dan Badan Ketahanan Pangan di daerah untuk selanjutnya bekerjasama dengan petani lokal terkait beras unggulan seperti Pulu Mandoti itu,” ungkap Eko saat berkunjung ke redaksi FAJAR, Gedung Graha Pena, Kota Makassar, Jumat (21/5/2021).

Pihaknya menargetkan bulan depan atau Juni akan mulai dapat menyerap dan menjual beras jenis pulu mandoti tersebut.

“Karena izinnya juga baru keluar. Kita sementara produksi rumahan dulu, jika kemasan sudah jadi nanti kita produksi besar-besaran,” bebernya.

Beras tersebut rencananya akan diolah di pabrik Bulog antara Makassar atau Parepare. Sementara untuk tahap awal penjualan, ia optimis bisa terserap maksimal.

“Untuk awal target serapan pasar 10 ton dulu. Sekalian tes pasar. Kantor pusat memang mendorong menyerap beras petani lokal,” urainya.

Bagikan berita ini:
10
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar