PMI Kota Makassar Alami Krisis Darah, Stok Tinggal 593 Kantong

Sabtu, 22 Mei 2021 07:00

PMI Kota Makassar Alami Krisis Darah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sepekan pasca lebaran Idulfitri stok darah di PMI Kota Makassar kembali menunjukan angka penurunan. Perhari ini, stok darah di PMI tinggal 593 kantong.

Kondisi ini sudah mendekati ambang batas krisis, olehnya perlu ada program khusus untuk kembali menormalkan stok darah cadangan PMI.

“Stok sekarang sudah mendekati ambang memprihatinkan, sekarang tinggal 593 (kantong),” ujar Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD), Khudri Arsyad kepada Fajar.co.id, Jum’at (21/5/2021).

Olehnya, PMI kota Makassar saat ini sedang berupaya mencari mitra donor kelembagaan untuk setidaknya hingga akhir pekan ini.

“Upaya yang dilakukan mengirim surat ke mitra donor kelembagaan untuk aktivasi kembali giat donor,” lanjut Hudri.

Selain itu setidaknya sudah terjadwal 4 kegiatan donor darah hingga akhir pekan ini.

“Dua hari ke depan sudah terjadwal 4 giat donor sampai hari minggu,” pungkasnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya di PMI kota Makassar. Sebab saat ini sangat dibutuhkan darah untuk

“Ini saat ini sangat amat dibutuhkan orang yang mau mendonor,” ucapnya.

Kurangnya minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya ditengarai akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Ia pun berharap masyarakat untuk tidak takut berdonor.

“Harapan kami masyarakat tidak takut untuk mendonorkan darahnya, meski di kondisi pandemi seperti sekarang. Di PMI adaji protokol sendiri untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pendonor,” harapnya. (Zaki/fajar)

Bagikan berita ini:
3
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar