Pisang, Kopi dan Tomat Bisa Jadi Doping Olahraga

Minggu, 23 Mei 2021 10:47

FAJAR.CO.ID — Secaraharfiah, kata olahraga mengandung kata dasar olah dan raga. Olah adalah suatu proses kegiatan, sedangkan raga adalah badah atau tubuh.

Jadi, olahraga dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menggerakan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun hiburan.

Disamping untuk kesehatan atau hiburan, kini olahraga juga sudah dipertandingkan atas masing-masing cabang olahraga.

Tentunya pada banyak kejuaraan-kejuaraan olahraga, diikuti oleh atlet-atlet yang berkelas yang mana pastinya mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi skill, mental, hingga yang paling penting adalah stamina.

Dalam kejuaraan olahraga, stamina merupakan salah faktor yang sangat menentukan untuk menunjang prestasi atlet.

Stamina masing-masing atlet tentunya berbeda-beda, ada yang mempunyai stamina yang baik dan juga ada yang mempunyai stamina yang kurang baik tergantung seberapa intens mereka untuk berlatih fisik.

Pada beberapa kasus di dunia kejuaraan olahraga prestasi, kita pasti pernah mendengar istilah doping.

Doping merupakan sebuah tindakan terlarang di dunia olahraga berbentuk obat-obatan yang di dalamnya mengandung zat kimia, apabila dikonsumsi berlebihan menyebabkan dampak buruk bagi penggunanya.

Biasanya doping dikonsumsi atlet guna menambah stamina dalam perlombaan olahraga yang dia ikuti.

Menurut International Congress Of Sport Sciences, doping adalah pemberian/penggunaan oleh peserta lomba, berupa bahan yang asing bagi organism melalui jalan apa saja atau bahan fisiologis dalam jumlah yang abnormal atau diberikan  melalui jalan yang abnormal, dengan tujuan meningatkan prestasi (Internasional Congress Of sport Sciences: 1964).

Bagikan berita ini:
5
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar