Survei Puspoll Indonesia: 71,4 Persen Puas Kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin

Minggu, 23 Mei 2021 19:25

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja menyatakan tingkat kepuasan masyarakat Indonesia atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tergolong baik.

Fakta tersebut terungkap berdasarkan Survei nasional Lembaga Riset Puspoll Indonesia dengan tema Menakar Peluang Calon Presiden 2024 dan Tantangan Poros Partai Islam yang diselenggarakan pada April 2021.

“Sebanyak 71,4 persen responden menyatakan puas terhadap pemerintah Jokowi-Ma’ruf,” kata Muslimin dalam jumpa pers secara daring di Jakarta, Minggu (23/5).

Hasil survei menyebutkan 11,8 persen responden sangat puas, 59,6 persen cukup puas, 24,3 persen kurang puas, 7,6 persen tidak puas sama sekali, dan 1,7 persen tidak menjawab.

Muslimin menjelaskan tingkat kepuasan tertinggi berada di wilayah Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Sementara itu, tingkat kepuasan terendah di Maluku dan Papua.

Selain itu, dalam survei juga terlihat 63,3 persen responden optimis terhadap kondisi 1 tahun yang akan datang ada perbaikan ekonomi di bawah pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Sementara itu, sebanyak 22,9 persen responden menyatakan tidak optimis dan 11,8 persen tidak menjawab.

“Cukup positif penilaian di tengah masyarakat untuk perekonomian yang akan membaik setahun akan datang,” kata Muslimin.

Puspoll Indonesia menyelenggarakan survei nasional preferensi politik masyarakat. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 20—29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Bagikan berita ini:
7
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar