72 Perusahaan Mendaftar Vaksinasi Gotong Royong, Menyasar 110 Ribu Orang

Senin, 24 Mei 2021 17:32

Suasana vaksinasi kepada buruh dan pekerja di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Vaksinasi massal ...

Di antara 72 perusahaan yang ikut vaksinasi gotong royong, banyak yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Wakil Ketua Dewan Pemimpinan Provinsi (DPP) Apindo Jatim Tri Andi Suprihartono mengakui, perusahaan yang mendaftar ikut vaksinasi gotong royong terus bertambah. Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi masih menunggu ketersediaan vaksin. ’’Mungkin akhir Mei ini,’’ terangnya.

Dia menambahkan, prosedur pengadaan vaksin berbeda dengan program imunisasi yang dilakukan pemerintah. Sejauh ini, perusahaan berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Kementerian BUMN. Dalam hal ini dengan PT Kimia Farma Tbk sebagai distributor. ’’Banyak yang masih menunggu ketersediaan (vaksin, Red) karena ada proses distribusi,’’ jelas Tri Andi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur Sutandi Purnomosidi mendukung penuh program vaksinasi gotong-royong. Menurut dia, semakin banyak perusahaan yang mengikuti program itu akan semakin baik. Sebab, selain memperluas jangkauan vaksinasi, kondisi itu akan menguntungkan perusahaan setempat. Sebab, kegiatan produksi perusahaan akan bangkit seiring dengan banyaknya karyawan yang telah divaksin. ’’Tentu ini ikhtiar bersama untuk membangkitkan ekonomi,’’ ujarnya.

Menurut dia, setiap perusahaan memang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Meski begitu, vaksinasi mandiri itu tidak lantas memberatkan perusahaan. Sebab, setiap badan usaha sudah menghitung pengeluaran. Salah satunya bisa melalui dana CSR yang dipakai untuk vaksinasi karyawan dan keluarganya.

Bagikan berita ini:
10
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar