Berkedok Penjualan Condotel, Menipu Rp806 M, Uang Habis Dipakai Trading

Senin, 24 Mei 2021 15:21

ILUSTRASI. Penipuan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Apartemen atau condotel telah menjadi salah satu hunian yang banyak diburu oleh masyarakat perkotaan saat ini. Selain modelnya yang kekinian, juga biasanya berada di tengah perkotaan. Namun, daya tarik masyarakat ini dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengambil keuntungan pribadi.

Christopher Andreas Lie, 40, dan rekannya Indra Budiman bahkan diperkirakan mendapat untung fantastis dari penipuan berkedok condotel. Berdasarkan data kepolisian, mereka diduga mendapat untung hingga Rp 806 miliar setelah berhasil menipu 1.157 orang.

Kedua pelaku sempat kabur setelah melakukan aksinya. Hingga akhirnya Christopher ditangkap di Seoul, Korea Selatan, pada 2015 silam. Sedangkan Indra sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akhirnya menyatakan Christopher bersalah dalam perkara ini. Warga Johar Baru, Jakarta Pusat itu terbukti melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 08 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Christopher Andreas Lie dengan pidana penjara selama 7 tahun,” kata Hakim Hariyadi dalam putusannya seperti dikutip dari dokumen Direktorat Putusan Mahkamah Agung (MA).

Vonis tersebut lebih ringan 1 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Selain penjara, Christopher juga didenda Rp 1 miliar. Apabila tidak dibayarkan, maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Bagikan berita ini:
10
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar