Diet Tetap Boleh Makan Enak, Asalkan…

Senin, 24 Mei 2021 10:38

DIET SEHAT: Chef Slamet Santoso menunjukkan beberapa menu makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat melakukan program die...

FAJAR.CO.ID — Diet menjadi salah satu cara untuk mendapatkan body goals. Terutama kaum Hawa yang lebih banyak menginginkan tampil langsing.

Bahkan, untuk mencapainya seseorang melakukan diet ketat dengan cara makan tidak teratur.

Hal ini justru akan membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit. Alih-alih diet agar tubuh ramping nan seksi, yang ada malah kena penyakit lambung.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Husada Utama (RSHU) Surabaya dr. Dewa Ayu Liona Dewi mengatakan, diet tidak boleh asal-asalan. Bahkan sampai makan tidak teratur. Justru hal tersebut akan menjadikan seseorang mudah terserang penyakit.

“Tipsnya ketika diet itu ya menjaga asupan makan. Makan sesuai kebutuhan, jangan terlalu banyak dan kurang. Kalau kurang makan, bisa kurang gizi dan kalau terlalu banyak, bisa obesitas,” kata dr. Ayu.

Baca juga: Mudahkan Pasutri, Kemenag Terbitkan Kartu Nikah Digital

Dokter Ayu pun menyarankan beberapa makanan yang cocok untuk diet dan terhindar dari over weight. Makanan direkomendasikan bervariasi, mulai dari yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dan mineral.

Ia menegaskan, semua kandungan itu harus ada dan mencukupi kebutuhan tubuh. Tidak lebih dan juga kurang, akan tetapi harus dalam posisi yang seimbang sesuai proporsinya. Caranya bisa menggunakan piring makan berukuran standar untuk mengukur porsi proposional.

Piring tersebut dibagi menjadi tiga bagian sekat. Yang pertama bisa disi dengan makanan karbohidrat, seperti nasi atau kentang. Kemudian yang kedua diisi dengan makanan mengandung protein, seperti telur, daging, tahu, atau tempe. “Nah kemudian yang ketiga bisa diisi dengan sayuran. Itu sudah cukup untuk kita makan sehari-hari. Jangan banyakbanyak, tapi secukupnya saja,” jelas dr. Ayu.

Bagikan berita ini:
4
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar