Identitas Hacker Data BPJS Terungkap, Remaja 19 Tahun

Senin, 24 Mei 2021 13:41

Hacker

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aparat kepolisian bergerak cepat mengungkap identitas akun Kotz, penjual data BPJS Kesehatan di forum internet radiforum.

Dilansir Jawa Pos, hacker tersebut telah diketahui identitasnya, setelah penyidik Bareskrim berkoordinasi dengan sejumlah pihak dari Rusia dan Singapura.

Pelaku diduga merupakan remaja usia 19 tahun. ”Ya, masih remaja,” terangnya penyidik yang mengetahui kasus tersebut kepada Jawa Pos.

Koordinasi dengan Rusia dan Singapura dikarenakan, awalnya akun anonymous itu menggunakan IP Address di negara tersebut. Koordinasi diperlukan untuk sharing data, misalnya untuk koordinasi ke Rusia, pelaku ini menggunakan Telegram yang merupakan aplikasi negara tersebut. “Cyber crime itu kejahatan internasional, borderless (tanpa batas, red) ,” jelasnya.

Namun, begitu ditelusuri dengan lebih lanjutnya diketahuilah bahwa hacker ini tinggal di Indonesia. Bahkan, penyidik juga telah mendapatkan foto yang diduga merupakan Kotz. ”Wajah telah diidentifikasi dan tinggal di luar Pulau Jawa,” paparnya.

Ada beberapa dugaan terkait hacker Kotz, yakni Kotz merupakan hacker sekaligus penjual data kependudukan BPJS Kesehatan yang dijebol. Dugaan lainnya, Kotz dan hacker yang menjebol data kependudukan itu orang yang berbeda alias bekerjasama. “Namun, dugaan kuatnya penjebol data dan penjualnya sama,” ujarnya.

Dia menuturkan, hacker Kotz ini melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jejak. Tidak hanya dari lokasi IP Address yang berganti-ganti, namun juga hacker ini telah memblokir akunnya. Walau begitu, penyidik tetap mampu untuk mengungkap identitasnya. ”Semua itu karena penyidik Bareskrim yang handal,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
8
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar