Kamu Harus Tahu Beda ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima

Senin, 24 Mei 2021 15:36

ILUSTRASI. ATM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di Indonesia, terdapat beberapa mesin dan jaringan anjungan tunai mandiri atau automatic teller machine (ATM) yang tersebar di seluruh pelosok negeri selain ATM Link. Adapula ATM Bersama, hingga ATM Prima.

Tahukah kamu apa perbedaan dari ketiga jaringan ATM ini? ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima.

Dari segi fungsi, ketiga jaringan ATM ini sejatinya sama. Bisa untuk tarik tunai 24 jam, cek saldo, transfer, setor tunai, bayar tagihan, top up uang elektronik hingga belanja produk maupun pulsa.

Bedanya dari segi jaringan. ATM Link adalah milik dari empat bank milik negara yang tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara). Diantaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

ATM Link ini mulai mulai 1 Juni mendatang, nasabah akan dikenai biaya Rp 2.500 untuk cek saldo, Rp 5.000 untuk penarikan uang tunai di ATM Link. Sementara untuk transfer biayanya tetap atau tidak berubah yakni Rp 4.000.

Sementara ATM Bersama merupakan jaringan switching terbesar di Indonesia. ATM Bersama sudah beroperasi selama 30 tahun.

Sehingga bisa dikatakan ATM Bersama merupakan pelopor transaksi antar bank yang berbeda di Indonesia. Kini, jaringan ATM Bersama ini sudah menghubungkan setidaknya 80 ribu lebih mesin ATM berbagai bank populer di seluruh Indonesia.

Bagikan berita ini:
7
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar