Kucing Menelan Zat Beracun, Ini Pertolongan Pertamanya

Senin, 24 Mei 2021 11:15

ILUSTRASI. (Reuters)

FAJAR.CO.ID — Kucing menunjukkan tanda-tanda keracunan? Jangan panik. Ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya.

Sejumlah pencegahan juga bisa diikuti untuk menghindari keracunan. Simak ulasan drh Nadhor Nainggolan berikut.

Keracunan pada kucing sering kali disebabkan ia menelan zat berbahaya. Misalnya saat kucing berada di luar dan tak sengaja memakan atau menjilat benda asing.

Di dalam rumah pun kucing bisa saja keracunan. Misalnya, yang sering terjadi adalah tertelan zat beracun seperti racun tikus. ”Itu bisa terjadi saat kucing makan tikus mati yang kena racun,” ujar Nadhor.

Gejala keracunan pada kucing berbeda-beda. Itu tergantung jenis dan seberapa banyak zat beracun yang ditelan. Namun, ada sejumlah gejala keracunan yang paling umum pada kucing. Misalnya muntah, mencret, tak nafsu makan, kejang, dan mengeluarkan air liur yang berlebihan. Pada sebagian kasus, kucing bisa mengalami kelumpuhan setelah keracunan.

Satu atau beberapa gejala itu bisa terjadi saat 15–30 menit setelah anabul menelan zat beracun. Ada prosedur pertolongan yang bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya. Menurut Nadhor, prosedur tersebut dibedakan dari gejala yang ditunjukkan.

Misalnya, kucing muntah-muntah dan mengeluarkan air liur, berikan obat yang mengandung arang aktif. Itu berguna untuk menyerap racun. Ada juga larutan hidrogen peroksida 3 persen yang bisa diberikan sesuai dosis. Selain itu, beri kucing air putih atau air kelapa untuk membantu racun cepat keluar.

Bagikan berita ini:
8
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar