Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Kuartal II 2021 Tumbuh 8,3 Persen, Ini Indikatornya

Senin, 24 Mei 2021 16:48

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah optimistis perekonomian mulai berangsur pulih tahun ini hingga dapat kembali berpijak ke angka positif. Presiden Joko Widodo dan Menko bidang Perekonomian pun yakin ekonomi Indonesia bisa mencapai 7 persen di kuartal II 2021.

Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memasang perkiraan lebih tinggi yaitu dikisaran 7,1 hingga 8,3 persen pada kuartal II tahun ini. Keyakinan tersebut lantaran beberapa indikator pengungkit pertumbuhan ekonomi sudah menunjukan adanya tanda-tanda pemulihan.

“Proyeksi Kementerian Keuangan di kuartal II antara 7,1 persen sampai 8,3 persen,” kata Sri Mulyani saat rapat kerja (raker) dengan Komisi XI DPR RI, Senin (24/5).

Sri Mulyani memaparkan, selain indikator ekonomi nasional, ekonomi dunia pun sudah mulai membaik. Salah satunya harga minyak dan komoditas yang berdampak positif terhadap setoran negara. Kemudian, adanya perbaikan PMI manufaktur global yang sudah di level 55,8 dan Indonesia berada di 54,6 atau lebih baik dibandingkan April 53,2.

Faktor mendorong dari dalam negeri, kata Sri Mulyani, didukung oleh komponen pengeluaran yang berkontribusi besar terhadap pembentukan produk domestik bruto (PDB) seperti konsumsi rumah tangga berada di level 6 hingga 6,8 persen, konsumsi pemerintah di rentang 8,1 hingga 9,7 persen.

Selanjutnya investasi atau PMTB diharapkan tumbuh antara 9,4 hingga 11,1 persen. Sementara ekspor tumbuh antara 14,9 hingga 19,7 persen, dan impor tumbuh 13 hingga 19,7 persen pada kuartal II.

Bagikan berita ini:
6
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar