Telkomsel Luncurkan Layanan 5G di Indonesia

Senin, 24 Mei 2021 21:37

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate ...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Telkomsel mengumumkan akan meluncurkan layanan 5G secara serentak di Indonesia pada Kamis (27/5).

Hadirnya layanan 5G di Indonesia karena Telkomsel baru saja menerima surat keterangan laik operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (24/5).

Dengan surat tersebut, Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang dinyatakan layak untuk mengoperasikan jaringan teknologi 5G Indonesia.

Untuk tahap awal, Telkomsel akan menggunakan frekuensi spektrum 2,3 GHz dan menjual layanan 5G kepada pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, SKLO menjadi bukti bahwa Telkomsel secara sah sudah memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi yang berlaku.

“Kami akan menjalankan rencana pemerintah dalam pengembangan teknologi terbaru sebagai bagian dari akselerasi pemerataan ekosistem broadband dan digital yang inklusif di Indonesia,” kata Setyanto dalam siaran persnya, Senin (24/5).

Setyanto menambahkan, SKLO ini juga menandakan bahwa Telkomsel makin dekat dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang komprehensif melalui penyediaan dan penyelenggaraan jaringan 5G.

Telkomsel berencana akan meluncurkan layanan 5G secara bertahap di enam lokasi residensial di wilayah Jabodetabek, serta di kota-kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung.

Penggelaran 5G perdana di Indonesia itu juga merupakan buah hasil Kominfo dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak diusulkan dan kemudian dinyatakan sebagai pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz sehingga memperoleh alokasi tambahan 20 MHz oleh Kemenkominfo, Telkomsel bergerak cepat dalam mengakselerasi persiapan implementasi 5G di Indonesia.

Bagikan berita ini:
7
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar