Besok Gerhana Bulan, Warga Muslim Makassar Diimbau Salat Gerhana

Selasa, 25 Mei 2021 21:23

Ilustrasi-- Gerhana Bulan Total Perigee atau Super Blood Moon. (bmkg.coba.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gerhana bulan total atau Khusuful Qamar akan terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021 besok. Gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18:09-20:51 WIB.

Pemerintah Kota Makassar, mengeluarkan imbauan kepada seluruh umat muslim untuk melakukan Salat Gerhana di masjid masing masing.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Makassar dengan nomor : 451/677 / KESRA / V / 2021.

“Dengan hormat, bahwa kejadian fenomena Astronomi Gerhana Bulan yang mencakup wilayah Kota Makassar dan disunnahkannya melaksanakan Shalat Gerhana (Shalat Khusuf ),” isi surat tersebut.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini dihimbau kepada seluruh Umat Muslim Kota Makassar untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan (Shalat Sunnah Khusuf) pada masing-masing Mesjid pada tanggal 26 Mei 2021,” lanjutnya.

Hal ini juga sesuai dengan keputusan Direktorat Jenderal Bina Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam agar melakukan salat sunnah gerhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Salat Gerhana,” jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya.

Bagikan berita ini:
5
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar