Eks Pasukan Elit Tempur jadi Direktur Dinas Rahasia Israel, Ini Misinya…

Selasa, 25 Mei 2021 14:48

David Barnea. (Foto Wikipedia)

FAJAR.CO.ID — Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan pengangkatan David Barnea sebagai Direktur Mossad (Dinas Rahasia Israel, red), yang baru.

Dilansir dari Times of Israel, pria berusia 56 tahun ini seorang veteran organisasi yang telah menjadi wakil kepala direktur lama, Yossi Cohen, selama dua tahun terakhir.

Ayah empat anak ini pernah bertugas sebagai prajurit tempur di Unit Komando Elit Sayeret Matkal dan telah berada di Mossad selama 25 tahun terakhir, termasuk dalam peran operasional terkemuka yang membuatnya naik untuk memimpin cabang yang menangani agen organisasi di seluruh dunia. Dia ditunjuk sebagai wakil Cohen pada 2019, dan akan mengambil alih sebagai direktur pada 1 Juni.

Barnea, yang juga dikenal dengan nama panggilannya Dedi, diumumkan Netanyahu pada upacara tahunan yang menganugerahkan Penghargaan Perdana Menteri untuk perwira Mossad yang luar biasa. “Tugas utama Barnea adalah mencegah Iran memperoleh senjata nuklir,” tegas Netanyahu

Diketahui, penunjukan itu ditunda selama berbulan-bulan, meskipun Netanyahu sudah mengumumkan bahwa dia telah memilih pengganti Cohen pada bulan Desember dan nama itu dirahasiakan hingga Senin (24/05/2021).Jaksa Agung Avichai Mandelblit sendiri memberi tahu Netanyahu baru-baru ini, bahwa dia tidak melihat hambatan hukum, dan penunjukan itu dilanjutkan.

“Saya berharap (Barnea,red) sukses, dan saya yakin direktur Mossad yang akan datang akan melakukan hal-hal besar dan akan terus memimpin Mossad menuju kesuksesan operasional dan pencapaian yang berarti,” ujar Cohen dalam pernyataan singkat di acara tersebut.

Bagikan berita ini:
7
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar