Haedar Nashir: Bela Palestina Adalah Amanat Konstitusi

Selasa, 25 Mei 2021 23:05

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir

Tak hanya mengkritik elite bangsa, Haedar juga mengkritik umat muslim agar mau bersikap objektif. Yakni menggerakkan semangat dan dukungan anti penjajahan konstitusi itu pada negara mana pun yang tertimpa kemalangan, bukan hanya pada negara muslim saja.

“Intinya kita pahamkan warga dan elite bangsa yang belum paham sejarah dan konstitusi juga jiwa konstitusi Indonesia bahwa bela Palestina dan bela setiap hal yang mirip dengan Palestina. Orang Islam juga harus jujur dan adil kalau ada peristiwa yang sama dan menimpa golongan lain, yang kebetulan tidak terikat dengan agama kita. Kita harus membela, jangan diam,” tegasnya.

Muhammadiyah sendiri menurut Haedar akan terus berupaya menjadi faktor umat Islam yang diperhitungkan sebagai faktor dan aktor kemajuan peradaban. Karena itu, Haedar berpesan agar warga Muhammadiyah tidak larut dalam aksi yang tidak produktif dan hanya retorika.

“Jadi Muhammadiyah harus adil membela setiap peristiwa yang menjadi korban dari agresi dan tindakan semena-mena, atas nama apa pun,” pungkasnya. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
10
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar