KPK Tegaskan Segera Limpahkan Kasus RJ Lino ke Pengadilan Tipikor

Selasa, 25 Mei 2021 22:35

FOTO : Issak Ramdhani / Fin.co.id

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi putusan hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan yang menolak permohonan praperadilan mantan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino.

“Putusan ini menegaskan proses penanganan perkara oleh KPK telah dilakukan sesuai dengan mekanisme ketentuan hukum yang berlaku,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (25/5).

Ali menyatakan, pihaknya akan melanjutkan proses penyidikan berdasarkan putusan praperadilan tersebut.

“Dan segera melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi,” ucap Ali.

Diketahui, hakim tunggal PN Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan tersangka yang juga mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Persero, Richard Joost (RJ) Lino.

Hakim Morgan Simanjuntak mengatakan penyidikan yang dilakukan termohon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pemohon RJ Lino, hingga penetapan tersangka dan penahanan adalah sah secara hukum.

“Menimbang dalam hal itu maka permohonan praperadilan pemohon haruslah ditolak. Menimbang bahwa permohonan praperadilan ditolak maka pemohon dibebankan biaya perkara,” kata Hakim Morgan.

Hakim berpendapat berdasarkan fakta persidangan termohon KPK dalam memroses perkara yang sudah berjalan dua tahun lamanya telah melakukan langkah-langkah penyidikan dan penuntutan, memeriksa saksi-saksi, ahli, termasuk RJ Lino, dan BPK, serta menganalisa alat bukti tiga unit Quay Container Crane (QCC).

Bagikan berita ini:
8
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar