Lamban, Progres Tender di Pemprov Baru 15,55 Persen

Selasa, 25 Mei 2021 22:34

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Progres tender di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan baru mencapai 15,55 persen.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), untuk tahun 2021, pemprov memiliki 553 paket.

Nilai paket tertinggi didominasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). Sedangkan paket terbanyak oleh Dinas Pendidikan. Dari 553 paket, baru 86 paket (15,55 persen) yang selesai ditender. Adapun yang belum ditender sebanyak 467 paket (84,45 persen).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Andi Bakti Haruni mengatakan, ia akan mengupayakan proses tender berjalan dengan cepat dengan mengutus beberapa stafnya ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)yang membutuhkan pendamping dalam tender.

“Saya akan bentuk tim khusus untuk mendampingi OPD. Misalnya siapa stafku yang mendampingi dinas pendidikan untuk mempercepat. Siapa stafku yang mendampingi dinas PUTR untuk mempercepat,” kata Andi Bakti, Selasa, (25/5/2021).

Karena menurutnya, yang menjadi kendala selama ini adalah pihak OPD yang cenderung lambat memasukkan tender ke pokja.

“Lamban memang dari OPD. Artinya apa yang mau ditender kalau tidak minta ditenderkan. Kita tidak tahu apa persoalannya. Bisa saja mungkin petunjuk teknisnya misalnya belum turun,” ujarnya. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
7
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar