Pascalibur Lebaran, Klaster Keluarga Covid-19 Mulai Bermunculan

Selasa, 25 Mei 2021 20:28

Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pascalibur Hari Raya Idul Fitri 2021 klaster Covid-19 keluarga mulai bermunculan. Bahkan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, saat ini paling banyak merawat pasien kategori di atas.

Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, fenomena ini tidak boleh disepelekan. Upaya pencegahan harus dilakukan oleh masyarakat.

“Keluarga harus meningkatkan kewaspadaan, pencegahan, ini betul-betul kalau di dalam keluarga terkonfirmasi, terpapar, dan tidak menjaga protokol kesehatan, ini bisa ada peningkatan lebih besar lagi,” kata Tugas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan mengurangi mobilitas. Jika tidak ada kepentingan mendesak, warga sebaiknya berdiam diri di rumah. “Ini sangat penting, mobilitas masyarakat sangat berdampak pada peningkatan penularan. Kita harus sama-sama lakukan antara peningkatan di dalam jumlah yang kemungkinan meningkat, di sisi lain juga bekerja untuk meningkatkan perekonomian,” jelas Tugas.

Dia menilai, aspek pencegahan penularan Covid-19 harus dilakukan dari sumbernya. “Kita harus bedakan hulu dan hilir. Hilir tak bisa menjaga, maka ini akan berdampak ke hulu,” tegas Tugas.

Pemerintah juga mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
3
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar