Pemkot Surabaya Fasilitasi Tes Swab Gratis bagi Santri sebelum Masuk Pondok Pesantren

Selasa, 25 Mei 2021 18:06

DETEKSI CORONA: Sejumlah santri dan santriwati menjalani tes swab PCR di Puskesmas Rangkah, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SU...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Libur panjang Lebaran telah usai. Para santri pun mulai kembali ke pondok pesantrennya di Kota Pahlawan. Pemkot Surabaya memfasilitasi para santri untuk melakukan tes swab gratis di puskesmas-puskesmas yang ada di seluruh Surabaya.

Kepala Puskesmas Sawah Pulo Erna Mindarti mengatakan, sejak Jumat (21/5) lalu pihaknya telah menginformasikan tes swab gratis untuk para santri yang hendak kembali ke pondok pesantren kepada pengurus RT/RW hingga kader puskesmas. “Tes swabnya tergantung para santri,” katanya kemarin (24/5).

Ratusan santri itu hendak pulang ke pondok dari luar Kota Surabaya. tes cepat untuk deteksi Covid-19 itu dimulai Senin kemarin pada jam kerja. “Kami menyesuaikan waktunya dengan para santri,” jelasnya.

Lurah Wonokusumo Andri Kurniawan menambahkan, para santri dapat melakukan tes usap secara gratis di puskesmas terdekat. Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran covid-19. “Puskesmas sudah sosialisasi langsung ke pondoknya,” kata Andri.

Menurut dia, tes usap gratis tersebut tidak hanya untuk santri yang pondoknya di dalam Kota Surabaya. Juga santri-santri yang akan kembali ke pesantres di luar Surabaya. Dia berharap tes swab gratis untuk santri bisa menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren.

Di wilayah Wonokusumo ada sekitar 10 pondok pesantren. Ada juga santri yang tempat tinggalnya di Wonokusumo, tapi pondoknya berada di luar Surabaya. ”Ini sebagai upaya tracing dan testing,” katanya.

Bagikan berita ini:
6
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar