Preview Indonesia vs Afghanistan: Babak Baru Tim Garuda

Selasa, 25 Mei 2021 11:18

Latihan timnas Indonesia di Dubai/PSSI

FAJAR.CO.ID, DUBAI—Tim nasional Indonesia akan melakoni laga persahabatan melawan Afghanistan di Jebel Ali Center of Excellence di Dubai, malam ini. Uji coba tertutup ini menjadi debut pelatih Shin Tae-yong sekaligus persiapan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin ditunjuk sebagai pelatih kepala Tim Garuda menggantikan Simon McMenemy yang dipecat, akhir 2019 silam. Di bawah kendali eks pelatih Korea Selatan itu, Indonesia diharapkan bisa bangkit dari keterpurukan.

Di lima pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Indonesia memang menjadi bulan-bulanan. Bersama Simon, mereka digasak Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab (UEA). Tak hanya kalah, Indonesia juga kebobolan 16 kali dan hanya mampu mencetak tiga gol.

Dengan lima kekalahan beruntun itu, Indonesia terpuruk di dasar klasemen. Tanpa satu pun poin, Indonesia sudah dipastikan tersingkir dari persaingan perebutan tiket ke babak berikutnya. Nah, di tangan Shin, Indonesia diharapkan menjalani babak baru yang lebih baik.

Namun, tentu saja publik sepak bola Tanah Air tidak bisa langsung berharap terlalu tinggi, khususnya di laga perdana Shin malam ini. Proyek Shin adalah untuk jangka panjang. Itu bisa dilihat dengan jelas dari daftar pemain yang ia ikutkan dalam TC di Dubai.

Dari 28 nama yang diikutkan ke Dubai, 12 di antaranya berusia di bawah 21 tahun. Sementara usia tertua adalah 27 tahun. Di antara barisan pemain muda itu ada nama-nama seperti M Adi Satryo, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Genta Alfaredo, Witan Sulaeman, Saddam Gaffar Emiruddin, serta Braif Fatari yang baru berusia 19 tahun.

Bagikan berita ini:
2
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar