Puan Maharani Dinilai Lebih Layak jadi Capres Dibanding Ganjar

Selasa, 25 Mei 2021 11:06

Ketua DPR Puan Maharani. (Istimewa)

Menurut Emrus, kualitas diri Puan ini yang menjadikannya paling cocok dan pas sebagai calon presiden dibanding Ganjar. Puan memiliki segudang pengalaman untuk berhadapan dengan DPR jika menjadi presiden atau wakil presiden.

“Rekam jejaknya sangat luar biasa,” tegasnya.

Baginya, hasil survei mengenai elektabilitas Puan yang cenderung rendah bukanlah jaminan karena bisa berubah. Hasil survei yang menunjukkan rendahnya elektabilitas Puan masih perlu dipertanyakan. Sebab hasil survei bisa berubah, sangat dinamis dan tidak mendekati secara kualitatif tentang sosok tersebut.

“Kalau elektabilitas jadi pegangan kita untuk jadi calon dan dipilih, itu sangat sumir (pendek) karena kita memilih pemimpin yang kuantitatif, bukan kualitatif,” ungkapnya.

Senada dengan Emrus, Direktur Eksekutif Indonesian Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai Puan Maharani lebih potensial didukung PDIP sebagai capres 2024 ketimbang Ganjar Pranowo.

“Dari struktur partai politik, Puan memang lebih potensial didukung dibanding Ganjar Pranowo,” kata Dedi.

Dedi mengatakan, pergerakan popularitas dan elektabilitas masih sangat dinamis. Dalam catatan lembaganya, popularitas Ganjar memang jauh meninggalkan Puan. Namun, berdasarkan asumsi Pilpres 2024, Puan masih punya cukup waktu untuk memupuk popularitas mengejar Gubernur Jawa Tengah itu.

Menurut Dedi, sisi baik Puan Maharani adalah hingga saat ini masih menjadi satu-satunya politikus perempuan yang paling berpeluang terusung di tengah ramainya tokoh laki-laki.

Bagikan berita ini:
9
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar