Putus Penularan Covid-19, PPKM Mikro Harus Dioptimalkan

Selasa, 25 Mei 2021 21:13

Warga berjalan di dekat spanduk peringatan Zona Merah di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar Jakarta, Jumat (5...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Upaya memutus matai rantai penularan Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah. Semua pihak termasuk masyarakat harus terlibat agar program yang dijalankan pemerintah bisa berjalan lancar.

Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro menjadi salah satu cara yang harus dimaksimalkan.

“Kita lihat PPKM Mikro memberi efek cukup baik. Harus dioptimalkan. Dan benar-benar dilakukan dari semua stakeholder, pemda, Kemenkes, polisi, TNI, dan lain-lain,” kata Tugas Ratmono.

“Sehingga bersatu padu tracing, testing, dan isolasi Covid-19. Ini konsep yang kita lakukan bersama sehingga bisa memutus penularan Covid-19,” imbuhnya.

Tugas Ratmono menuturkan, TNI juga sudah melatih para Babinsi untuk membantu tracing Covid-19. Begitu pula dengan jajaran Polri dengan Bhabinkamtibmas. Melalui mereka, diharapkan deteksi dini penyebaran Covid-19 bisa semakin maksimal.

“Jadi semuanya kita harap dapat membantu tracer dari jajaran Dinkes, ini harus bersatu untuk tracer. Walaupun kita sadari teman Babinsa ini banyak di wilayahnya, banyak yang harus kita lakukan supaya tracer ini dilakukan dengan baik,” jelasnya.

Pemerintah juga menghimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
4
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar