Spekulasi Suksesor Megawati, Karpet Merah Bagi Trah Bung Karno

Selasa, 25 Mei 2021 22:09

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir di acara peresmian patung Bung Karno bersama putrinya ...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Desas desus suksesor Megawati Soekarno Putri telah mencuat ke permukaan meski ketua umum PDI Perjuangan telah ditetapkan menjabat hingga tahun 2024.

Sejumlah nama tokoh telah menyeruak sebagai penerus Megawati. Ada nama Presiden Joko Widodo, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, hingga putra putri Megawati, Puan Maharani dan Prananda.

Terkait siapa nantinya penerus Megawati, Ketua DPC PDIP Kota Makassar Andi Suhada Sappaile belum ingin membahasnya terlalu jauh. Ia tak ingin berandai-andai karena peta perpolitikan di Indonesia itu dinamis.

Namun Wakil Ketua DPRD Makassar itu berpendapat, kekuatan trah Sukarno tetap dianggap sebagai kunci partai berlambang banteng ini. Imej itu hingga kini masih melekat kuat dan sangat kental. Baik di mata kader maupun masyarakat umum.

“Menurut saya trah Bung Karno masih sangat kuat dan mumpuni memimpin PDIP. Tapi kita tidak tahu perjalanannya nanti seperti apa. Politik itu kan dinamis,” ujar Suhada kepada fajar.co.id, Selasa (25/5/2021).

Ia mencontohkan saat turunnya titah Megawati untuk Jokowi maju di Pilpres 2014. Pertimbangan Megawati kala itu karena melihat Jokowi lebih ‘laku’ dijual, mulai dari elektabilitas hingga popularitas. Terbukti ramuan itu ternyata tepat. Selama dua kali pemilu PDIP menjadi partai penguasa.

Suhada mengaku sebagai kader di daerah, pihaknya akan ikut keputusan partai. Siapa Ketum PDIP berikutnya berada di tangan Megawati.

Bagikan berita ini:
4
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar