Terseret Kasus Suap Penyidik Robin, Azis Syamsuddin Kembali Dipanggil Dewas KPK

Selasa, 25 Mei 2021 13:29

Azis Syamsuddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mulai menggelar sidang dugaan pelanggaran etik yang dilakukan penyidik Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju.

Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, pihaknya akan memanggil Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin untuk bersaksi dalam persidangan hari ini.

“Ya, ini hari mulai dilakukan persidangan etik atas nama terlapor SRP (Stepanus Robin Pattuju),” kata Tumpak saat dikonfirmasi, Selasa (25/5).

Dikonfirmasi terpisah, Anggota Dewas KPK Indriyanto Seno Adji mengaku belum mengetahui mengenai hal tersebut.

“Saya justru belum mengetahui,” tutur Indriyanto.

Sebelumnya, Dewan Pengawas KPK sudah memeriksa Azis Syamsuddin pada Senin (17/5/2021).

Azis diperiksa dewas terkait dugaan pelanggaran etik penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

“Ya benar, tadi pagi,” kata Haris saat dikonfirmasi, Senin (17/5).

Diketahui, nama Azis Syamsuddin terseret kasus dugaan suap terkait penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai Tahun 2020-2021.

Dalam konstruksi perkara terungkap nama Azis Syamsuddin. Azis diduga menjadi fasilitator pertemuan dan memperkenalkan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial dengan Robin di rumah dinasnya di Jakarta Selatan pada Oktober 2020.

Menindaklanjuti pertemuan di rumah Azis, kemudian Robin diduga mengenalkan Syahrial kepada pengacara bernama Maskur Husain untuk bisa membantu permasalahannya.

Robin bersama Maskur diduga sepakat untuk membuat komitmen dengan Syahrial terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk tidak ditindaklanjuti oleh KPK dengan menyiapkan uang sebesar Rp1,5 miliar.

Bagikan berita ini:
7
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar