Beruntung Saksikan Gerhana Bulan dengan Mata Telanjang, Warga Sulsel Salat Gerhana

Rabu, 26 Mei 2021 21:46

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pulau Sulawesi seakan menjadi yang teristimewa. Sebagian besar provinsi di pulau ini bisa menyaksikan gerhana bulan hari ini, Rabu (26/5/2021). Terkhusus di Sulawesi Selatan.

Bahkan dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan alat sekali pun. Pada momen ini, gerhana bulan mulai terjadi pukul 16.46 WITA dan berlangsung hingga 21.51 WITA.

Hal itu terjadi akibat bulan, bumi dan matahari berada sejajar. Posisi bumi pun berada di tengah-tengah antara bulan dan matahari.

Sehingga, cahaya matahari yang akan dipancarkan ke bulan, justru ditutupi oleh bumi. Sehingga terjadi gerhana bulan.

“Kita di Sulawesi termasuk beruntung, karena kita bisa menyaksikan rangkaian proses terjadinya gerhana bulan total atau super blood moon. Di beberapa daerah di Indonesia itu tidak penuh,” kata Kepala BMKG Wilayah 4, Makassar, Darmawan.

Dia bilang, tak semudah daerah di Sulsel bisa menikmati keindahan alam ini. Dan beberapa wilayah saja yang hanya bisa menyaksikan gerhana ini mulai dari awal hingga selesai.

“Ada daerah yang tidak melihat tahapan awalnya, ada juga yang hanya bisa melihat pada posisi gerhana totalnya,” ungkap Darmawan.

Bahkan, lanjut Darmawan, ada juga daerah di Indonesia yang hanya bisa melihat proses pascagerhana total selesai. Fenomena ini juga dianggap wajar namun tetap dalam pemantauan BMKG.

Bagikan berita ini:
7
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar